Laporkan Jika Ada Link Mati!

China Undercover



Kami telah mendiskusikan gagasan untuk menulis buku ini selama lebih dari sepuluh tahun, baru ketika Wu melahirkan anak laki-laki kami di Hefei, kami sadar kami tidak boleh menundanya lebih lama lagi: kami menyaksikan seorang perempuan rakyat jelata meninggal saat melahirkan anaknya. Dia meninggal karena keluarganya terlalu miskin untuk mendapatkan perawatan medis yang layak saat masa persalinan.

Kami lalu bepergian ke lebih dari lima puluh desa dan kota kecil di sepanjang Provinsi Anhui, melakukan beberapa kali perjalanan ke Beijing untuk berbicara dengan pihak otoritas, dan mewawancarai ribuan rakyat jelata, termasuk petani. Seluruh tabungan kami terkuras untuk penulisan dan penerbitan buku ini. China Undercover merupakan sebuah pengungkapan terhadap ketidaksamaan dan ketidakadilan yang mendera rakyat jelata, para petani, jumlahnya sekitar 900 juta jiwa. Buku kami menggambarkan lingkaran setan yang menjerat rakyat jelata, terutama para petani di Cina, di mana penerapan pajak yang tidak adil dan tindakan sewenangwenang atau ketiadaan tindakan kadang-kadang menimbulkan kekejaman yang ekstrim terhadap mereka.

Setelah melewati lebih dari tiga tahun yang panjang dan menantang, buku ini akhirnya selesai. Versi ringkasnya sekitar 200.000 karakter dan bukan 320.000 muncul di majalah sastra Our Times (Dangdai). Dalam seminggu, majalah tersebut terjual habis. Dengan sangat cepat versi ini muncul dalam sejumlah situs di dalam dan luar negeri. Hingga hari ini, banyak pembaca yang masih keliru menyangka versi ini adalah buku lengkapnya.

Kemudian, versi lengkapnya diterbitkan dan didistri-busikan oleh People's Literature Publishing House. Dengan judulnya berupa enam karakter huruf balok yang secara sederhana disusun di atas latar bewarna kuning, sejujurnya penampilan buku tersebut tidak mengesankan. Tetapi meskipun demikian, buku tersebut menggemparkan Beijing Book Fair, dan pesanan sejumlah 60.000 eksemplar langsung habis hanya dalam tiga hari. Cetakan pertama yang jumlahnya 100.000 eksemplar terjual dalam waktu satu bulan. Untuk sebuah karya nonfiksi reportase mengenai sebuah subjek yang nyaris tidak bisa dianggap modern kesuksesan buku tersebut fenomenal, bahkan dengan menggunakan standar penerbit yang sudah mapan semacam People's Literature Publishing House.

Profesor Wang Damin dari Departemen Sastra Cina di Universitas Anhui menggambarkan bagaimana "para pembaca melahapnya dengan antusias dan mendiskusikannya dengan sungguh-sungguh; publisitas media menyebar bagaikan gelombang laut; lingkaran sastra disemangati oleh retorikanya yang berapi-api." Profesor Damin juga menyatakan bahwa "koridor kekuasaan diam saja dan tidak gelisah," yang rupanya menunjukkan tidak adanya tanggapan terhadap laporan tersebut.

Kami belakangan menyadari bahwa hasil pengamatan yang terakhir itu terlalu cepat. Hanya dalam waktu satu bulan buku tersebut laris terjual lebih dari 150.000 eksemplar sebelum sekonyong-konyong diambil dari rak-rak toko buku oleh aparat. Setelah itu, hanya edisi bajakannya yang dapat ditemukan di jalanjalan, 7 juta di antaranya terjual di seluruh Cina.

Sementara itu, tanggapan media benar-benar luar biasa. Produser seluruh acara bincang-bincang yang penting, seperti Face to Face, Tell It As It Is, edisi khusus Festival Musim Semi yang populer, dan program- program lain di Cina Central Television, yang ditonton jutaan pemirsa, mengundang kami untuk tampil bersama mereka. Perusahaan Penyiaran Pusat membuat laporan mengenai buku tersebut secara panjang-lebar pada programnya yang ditayangkan saat prime-time. Dalam waktu dua bulan, kami diwawancarai oleh lebih dari seratus reporter dari berbagai surat kabar, majalah, TV, dan stasiun radio begitu pula sejumlah situs di seluruh negara. Berbagai artikel yang kritis muncul di media dan kami menerima banyak sekali surat dari para pembaca.

Download



Share this article :

+ komentar + 3 komentar

20 September 2018 pukul 13.45

linknya mati

25 September 2018 pukul 05.36

Link sudah diperbaharui

7 Agustus 2019 pukul 10.53

Paswort nya apa yah ka ??

Posting Komentar

 
Support : Berbagi buku gratis | Dilarang mengkomersilkan | Hanya untuk pelestarian buku
Copyright © 2016. Perpustakaan Digital - All Rights Reserved
Published by Mata Malaikat Cyber Book
Proudly powered by Blogger